Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Review Paper || Interaksi Manusia & Komputer

 

Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada Instansi/Perusahaan

A. Latar Belakang Masalah
Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan disekolah/kampus dengan program pendidikan disekolah/kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai keahlian tertentu. Selain itu PKL merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh seluruh siswa/mahasiswa pada program studi tertentu. Tempat PKL adalah perusahaan atau instansi yang bekerja sama dengan sekolah/kampus. Perusahaan maupun tempat magang hanya dapat menerima peserta magang paling banyak 30% dari jumlah karyawan, pada penelitian ini penulis menganalisa dan merancang sistem informasi tempat PKL mulai dari proses pendaftaran, pelakasanaan, dan pelaporan
dan penilaian PKL, penelitian ini bertujuan mengorganisasi kegiatan PKL secara rapi antara peserta dan perusahaan/instansi tempat magang sehingga semua pihak dapat merasakan manfaat dari kegiatan PKL.

B. Metode Pengerjaan/Penelitian
● Pengumpulan Data dan Informasi
● Alat Pemodelan Sistem
● Analisa Kebutuhan Data dan Informasi
● Analisa Aktor Sistem

C. Hasil Pembahasan
Menurut penulis Usecase diagram menggambarkan secara grafis perilaku software aplikasi. Diagram ini memberikan gambaran mengenai software aplikasi menurut perspektif user dari software aplikasi tersebut. Sebuah sistem informasi tidak akan lepas dari database atau basis data, menurut penulis juga basis data atau database adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintergrasi dengan baik didalam komputer. Untuk mengelolahdatabase diperlukan suatu perangkat yang disebut DBMS (Database Management System) yang merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan memanipulasi data yang ada. Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel.

D. Ragam Dialog Dalam Pembahasan
1Usecase
Menurut Suhendar (2002) Usecase diagram menggambarkan secara grafis perilaku software aplikasi. Diagram ini memberikan gambaran mengenai software aplikasi menurut perspektif user dari software aplikasi tersebut. Berikut ini adalah gambaran usecase Analisa dan Perancang sistem informasi PKL.
Adapun diagram use case gambar 1 diatas menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh aktor, kegiatan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Kegiatan yang dilakukan oleh admin
  • Admin mengelola data pegawai, data tersebut disimpan atau diambil dari data pegawai yang sudah ada, proses ini digunakan untuk menentukan jumlah kuota serta memilih penyelia
  • Admin mengelola kuota yang didapat dari data pegawai dikali 30%, setelah kuota dan daftar penyelia dibuat maka admin membuat jadwal
  • Admin mengelola pendaftaran, kegiatan ini dilakukan untuk menentukan pendaftar siapa saja dan berapa jumlah yang harus dipenuhi.
  • Selanjutnya admin mengelola data peserta PKL, data ini didapatkan dari data pendaftar, atau data peserta yang diinputkan oleh admin
- Kegiatan yang dilakukan oleh peserta atau calon peserta PKL
  • Peserta melihat kuota dan jadwal pelaksanaan PKL pada perusahaan.
  • Peserta melakukan pendaftaran
  • Peserta mendapatkan nilai
- Kegiatan yang dilakukan oleh penyelia
Kegiatan yang dilakukan oleh penyelia dalam sistem ini adalah memberikan nilai kepada peserta sesuai dengan peserta yang dibimbingnya.

2. Perancangan Basis Data
Adapun tabel-tabel yang terbentuk berdasarkan kebutuhan data dan informasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  • Tabel Pegawai
Tabel 1 ini adalah tabel yang berfungsi untuk menyimpan data pegawai, selain itu tabel 1 nantinya akan
menghasilkan informasi pada sistem mengenai kuota peserta PKL pada instansi/perusahaan adapun susunan dari tabel ini adalah sebagai berikut:
  • Tabel Jadwal
Pada 2 berfungsi untuk menyimpan data jadwal PKL adapun susunan dari tabel 2 adalah sebagai berikut:
  • Tabel Pendaftar
Tabel 3 berfungsi sebagai tabel untuk menyimpan data pendaftar adapun susunan dari tabel 3 adalah sebagai berikut:
  • Tabel Peserta
Tabel 4 berfungsi sebagai tabel untuk menyimpan data peserta yang didapatkan dari tabel pendaftaran ketika pendaftar telah diterima sebagai peserta PKL adapun susunan dari tabel 4 adalah sebagai berikut:
  • Tabel Nilai
Tabel 5 berfungsi sebagai tabel untuk menyimpan data nilai peserta PKL yang peserta PKL yang telah
melaksanakan PKL adalah sebagai berikut:
Pada tabel 5 bisa disesuaikan dengan sistem penilaian yang ada baik dari sekolah/kampus maupun dari
instansi/perusahaan.

E. Saran
Peneliti menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penelitian mencoba memberikan saran yang mungkin dapat membangun, adapun saran antara lain :

A. Dengan analisa dan perancangan ini diharapkan instansi/perusahaan tempat PKL dapat membangun dan menerapkannya.

B. Penelitian ini hanya menganalisa kebutuhan sistem dan merancangannya sehingga diperlukan pembangunan sistem secara nyata.

F.  REFERENSI/SUMBER

G. Tags


Posting Komentar

0 Komentar