1. Jelaskan hubungan antara hardware, software, dan brainware.

Hubungan dari ketiganya muncul dengan pengguna atau brainware membutuhkan software untuk menerjemahkan instruksi dari bahasa manusia ke dalam dan kemudian dijalankan oleh perangkat keras (Hardware)

2. Bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan komputer.

Karena meliputi rancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia 

 3. Jelaskan Pengertian Luminas, Kontras, dan Kecerahan.

Luminas, yaitu Banyaknya cahaya yang dipantulkan permukaan objek. Kontras, yaitu hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu objek dan cahaya dari latar belakang objek tersebut. Dan, Kecerahan, yaitu tanggapan subjektif terhadap cahaya.

4. Kombinasi Warna terbaik untuk latar belakang berwarna : 

A. Biru : Putih (81%), Kuning (50%), Cyan (25%) 

B. Merah : Kuning (75%), Putih (56%), Hitam (44%) 

C. Hijau : Hitam(100%), Biru(50%), Merah(25%)

5. Jelaskan perbedaan pengolahan manusia secara sadar dan otomatis (berikan contohnya).

- Pengolahan Secara Sadar, yaitu terjadi ketika rangsangan yang dibawa ke bagian intelektual dan memerlukan beberapa waktu untuk menghasilkan tanggapan yang sesuai. Contohnya Berjalan Mundur.

- Pengolahan Secara Otomatis, yaitu pengolahan ini berlangsung secara refleks dan hanya memerlukan waktu yang sangat pendek. Contohnya Membaca, dan Menulis.

6. Sebutkan karakteristik umum yang dimiliki oleh setiap ragam dialog.

- Konsistensi

- Umpan Balik

- Observabilitas

- Kontrolibilitas

- Efisiensi 

- Keseimbangan 

7. Jelaskan perbedaan antara kecakapan manusia & komputer 

- Kecakapan Manusia 

    • Estiminasi 
    • Kreatvitas 
    • Adaptasi 
    • Kesalahan

- Kecakapan Komputer

    • Kalkulasi akurat 
    • Multitasking
    • Pengolah data
    • Pengetahuan Domain
8. Jelaskan beberapa perintah tunggal dalam DOS atau UNIX.

- pwd : Perintah ini digunakan untuk mengetahui di direktori mana kita berada

- cd : Perintah ini artinya "Change Directory" digunakan untuk berganti direktori

- ls : Perintah ini digunakan isi dari sebuah direktori.

9. Jelaskan pengertian dari dialog berbasis bahasa pemrograman.

Ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut dengan batch file.

10. Jelaskan Pengertian dari sistem menu.

Pilihan yang tepat untuk menunjukan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program kepada pengguna

11. Jelaskan perbedaan sistem menu datar dan sistem menu tarik.

- Sistem menu datar yaitu kemampuan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi akan ditampilkan secara lengkap, dan biasanya menggunakan kalimat yang cukup panjang.

- Sistem menu tarik yaitu sistem menu yang pilihan - pilihan dikelompokan menurut kategori tertentu atau menurut cara tertentu sehingga membentuk semacam hirarki pilihan. 

12. Jelaskan pengertian teknik dialog pengisian borang.

Suatu penerapan langsung dari aktivitas pengisian barang dalam kehidupan sehari - hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan.  

13. Apa saja yang harus diperhatikan dalam perancangan tampilan berbasis borang.

- Proteksi tampilan

- Batasan medan tampilan

- Isi medan

- Medan Opsional

- Default 

- Bantuan

- Medan penghentian

- Navigasi 

- Pembetulan kesalahan

- Penyelesaian 

14. Jelaskan pengertian dari sistem penjendelaan.

Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik sendiri - sendiri maupun bersamaan ke dalam bagian - bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.

15. Sebutkan keuntungan dan kerugian manipulasi langsung.

- Keuntungan

    • Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata 
    • Mempengaruhi waktu pembelajaran 
    • Penampilan visual yang bagus 
    • Mudah dioperasikan

- Kerugian 

    • Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
    • Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi 
    • Memerlukan peranti masukan seperti mouse, keyboard.