Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Perancangan Tampilan || Contoh membuat Rancangan Tampilan Program Absensi menggunakan Aplikasi DIA


Pertemuan kali ini saya mendapat materi tentang Perancangan Tampilan pada Mata Kuliah Interaksi Manusia & Komputer, dan diberi tugas untuk membuat rancangan tampilan menggunakan Microsoft Visio atau aplikasi lainnya. Karena saya menggunakan Sistem Operasi Linux Ubuntu, kali ini saya akan
menggunakan aplikasi bernama DIA (btw bukan DIA yang kau impikan itu).

DIA adalah sebuah aplikasi free dan open source software nya yang berfungsi untuk membantu pembuatan dan perencanaan diagaram agar lebih terstruktur. Dengan adanya DIA, maka pengerjaan representasi data menggunakan grafik atau diagram menjadi lebih mudah

Sebelum membuat rancangan tampilannya saya akan membahas sedikit tentang Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer.


A. Dokumentasi rancangan dapat dikerjakan dalam beberapa cara:

1. Membuat sketsa pada kertas.
2. Menggunakan peranti prototipe GUI.
3. Menuliskan tekstual yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela yang lain.
4. Menggunakan peranti bantu yang disebut CASE (Computer-Aided Software Engineering).


B. Cara Pendekatan

Program aplikasi, pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam dua kategori besar, yakni:
a. Program aplikasi untuk keperluan khusus dengan pengguna yang khusus pula (special purpose software)
b. Program aplikasi yang akan digunakan oleh banyak pengguna (general purpose software) atau public software.


C. Special Purpose Software.

- Program aplikasi keperluan khusus dengan pengguna yang khusus pula cara pendekatan yang dilakukan diistilahkan dengan User-centered design approach.

- User-centered design approach adalah perancangan antarmuka yang melibatkan penguna.

- Perancang dan pengguna duduk bersama-sama untuk merancang antarmuka yang diinginkan pengguna, sehingga dengan cara ini pengguna seolah-olah sudah mempunyai gambaran nyata tentang antarmuka yang nanti akan mereka gunakan.
Contohnya :
- Program aplikasi untuk inventori gudang.
- Pengelolaan data akademis mahasiswa.
- Pelayanan Reservasi hotel.
- Dll.


D. Prinsip dan Petunjuk Perancangan

Antarmuka pengguna secara alamiah terbagi menjadi empat komponen :
- Model Pengguna
- Bahasa Perintah
- Umpan Balik
- Dan Penampilan Informasi

Penjelasan :

- Model pengguna merupakan model konseptual yang diinginkan oleh pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang dia aplikasikan pada informsi tersebut. Model pengguna dapat berupa suatu simulasi tentang keadaan yang sebenarnya dalam dunia nyata, sehingga ia tidak perlu mengembangkan sendiri dari awal.

- Setelah pengguna mengetahui dan memahami model yang diinginkan, dia memerlukan peranti bahasa perintah (Command language) untuk memanipulasi model itu.


E. Urutan Perancangan

1. Pemilihan Ragam Dialog.
Pemilihan ragam dialog dipengaruhi oleh karakteristik populasi pengguna, tipe dialog yang diperlukan, dan kendala teknologi yang ada untuk mengimplementasikan ragam dialog tersebut. Ragam dialog yang dipilih dapat berupa sebuah ragam dialog tunggal, atau sekumpulan ragam dialog yang satu sama lain saling mendukung.

2. Perancangan Struktur Dialog.
Tahap kedua adalah melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut untuk membentuk struktur dialog yang sesuai.

3. Perancangan Format Pesan.
Dalam tahap ini tata letak tampilan dan keterangan tekstual harus secara terinci untuk menjaga keefisiensian sistem.

4. Perancangan Penanganan Kesalahan.
Untuk menghindari adanya kondisi kesalahan yang timbul, maka adanya kondisi yang disebut abnormal termination, yaitu eksekusi program berhenti karena terjadi kesalahan. Bentuk-bentuk penanganan kesalahan yang dapat dilakukan antara lain:
a. Validasi pemasukan data.
b. Proteksi pengguna.
c. Pemulihan dari kesalahan.
d. Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi pada waktu itu.

5. Perancangan Struktur Data.
Setelah semua aspek antarmuka dipertimbangkan, Anda harus menentukan struktur data yang dapat digunakan untuk menyajikan dan mendukung fungsionalitas komponen-komponen antarmuka yang diperlukan. Struktur data ini harus dipetakan langsung kedalam model pengguna yang telah dibuat. Hal ini perlu ditekankan agar keinginan pengguna dan model sistem yang telah dirancang saling mempunyai kecocokan satu sama lain.


F. Perancangan Tampilan Berbasis Teks
Pada perancangan tampilan untuk antarmuka berbasis teks, ada enam faktor yang harus dipertimbangkan agar diperoleh tata letak tampilan yang berkualitas tinggi, yaitu:
- Urutan penyajian
- Kelonggaran (Spaciousness)
- Pengelompokkan
- Relevansi
- Konsistensi
- Kesederhanan


G. Perancangan Tampilan Berbasis Grafis.

Dengan antarmuka berbasis grafis berbagai kemudahan dalam hal pengontrolan format tampilan dapat dikerjakan dengan lebih mudah dan fleksibilitas tampilan dapat semakin dirasakan oleh perancang tampilan maupun penggunanya. Disisi lain, kita harus memperhatikan beberapa kendala dalam penerapan antarmuka berbasis grafis ini, antara lain: waktu tanggap, kecepatan tampilan, lebar tampilan, dan tipe tampilan.


TUGAS

Tugasnya yaitu Membuat Rancangan Tampilan dengan Judul/Tema bebas dengan visio atau aplikasi lain, dan upload ke blog

Dan ini hasil pengerjaan punya saya menggunakan DIA dengan judul “Membuat Rancangan Tampilan Program Absensi Siswa/Siswi SMPN 1 Pesawaran” dengan rancangan ini, kita akan mudah dalam pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman.






Baca juga IMK - Materi Perancangan Tampilan 

Posting Komentar

0 Komentar