Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Analisis & Perancangan Sistem Informasi

Assalamualaikum wr.wb

Bertemu lagi bersama Tutorial REP, kali ini saya akan membahas tentang Analisis & Perancangan Sistem Informasi.


A. PEMBAHASAN  

Analisa & Perancangan Sistem Informasi diuraikan satu persatu terdiri sebagai berikut :

- Analisis, yaitu melakukan peyelidikian dan kajian terhadap suatu pokok dan menguraikan pokok tersebut sehingga ditemui partikel komponen terkecil, sedangkan analis adalah orang yang melakukan analisa.

- Perancangan, adalah aktivitas atau perbuatan penataan, penyusunan, atau reka cipta. Dalam perancangan sistem.

- Sistem, adalah kumpulan bagian – bagian komponen dan elemen yang bekerja sama dalam satu kesatuan untuk menghasilkan satu tujuan tertentu

- Informasi, adalah penerangan atau hasil kesimpulan yang dihasilkan data. Informasi juga didefinisikan sebagai fakta yang diberikan atau dipelajari tentang sesuatu atau seseorang.


Komponen sistem informasi itu sendiri terdiri dari perangkat keras (hardware) sebagai wadah penampung sistem informasi dan tempat memasukan (input), memproses (process) dan pengeluaran (output) data, perangkat lunak (software) sebagai objek utama sistem informasi, basis data atau disebut juga database kumpulan data informasi berbentuk sitem yang terorganisir, dan manusia (user) sebagai pengguna atau perancang sistem informasi. Dalam menganalisa dan merancang sebuah sistem informasi baru, ada tahapan-tahapan analisis kebanyakan analis lakukan untuk pengembangan sistem, yaitu :

- Mengidentifikasi Masalah, guna mendefinisikan permasalahan pada sistem sedang berlaku, mengindentifikasikan masalah yang dihadapi pengguna sistem, mengidentifikasikan pengguna akhir sistem, prioritas sistem dan subsitem, analisa keamanan sistem yaitu menganalisa tingkat keamanan sistem seperti manajemen pengguna sisitem dalam perangkat lunak.

Identifikasi Batasan Masalah, sistem harus mempunyai batasan dalam pemrosessan, sistem besar memang bagus namun apakah sistem besar dapat dikatakan efisien. Dalam mengidentifikasi masalah juga butuhkan implementasi konsep–konsep analisa yang baik dan mampu membangun sistem berkarakter.

- Implementasi Analisis PIECES, adalah dimana seorang pengambang harus mengaanalisa Pieces, pieces adalah singkatan dari performance (kinerja) berkaitan dengan analisa kemampuan dan kapasitas kerja sistem.

Implementasi Diagram, adalah gambaran sketsa yang mempresentasikan bentuk alur kinerja sistem dengan teknik simbolis berkonsep.

Analisa kebutuhan laporan, analis mengistilahkan pelaporan dengan reporting. Disini analis menganalisa penyesuaian kebutuhan keputusan informasi menurut kebutuhan pengguna atau pesanan sistem.


B. KESIMPULAN 

Analisa dan perancangan sistem informasi adalah proses penguraian suatu pokok dan menyelidiki keadaan yang sebenarnya dalam sebuah identitas atau guna mencari indikasi komponen dan unsur-unsur penting dalam membangun sebuah sistem informasi.



Posting Komentar

0 Komentar