Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Software Requirment Specification Aplikasi untuk Sistem Transaksi Pembayaran pada Kasir || Rekayasa Perangkat Lunak


Software Requirements Specification

Aplikasi untuk Sistem Transaksi Pembayaran pada Kasir


Prepared by :

Muhammad Arief Rahman (20311088)

Selviana (20311432)


Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Teknokrat Indonesia

Untuk lebih jelasnya dibawah ini : 

1. Introduction 

1.1  Purpose 

Tujuan dari dokumen Software Requirement Specification (SRS) ini adalah untuk menyediakan deskripsi secara rinci dari Program Aplikasi Kasir Indomei. Dokumen ini akan membahas fitur – fitur dari program Aplikasi Kasir Indomei, termasukl antarmuka software ini. Dokumen ini juga akan membahas perangkat kerasnya juga, perangkat lunak dan berbagai macam kebutuhan teknis yang lainnya. 

1.2  Document Conventions 

Dokumen SRS ini memiliki fitur istilah yang mungkin jarang ataupun sering ditemukan oleh pembaca, dapat melihatnya di Glossary untuk daftar dari istilah – istilah dan definisinya masing – masing  

1.3 Intended Audience and Reading Suggestions 

SRS ini ditujukan untuk semua individu yang berpartisipasi dalam pengawasan Program Aplikasi Kasir Indomei ini. Pembaca ingin mengetahui gambaran singkat dari produk ini dapat membaca Bagian Introduction dan juga Overall Description, yang menyediakan gambaran singkat dari setiap aspek dari projek keseluruhan.  

Pembaca yang tertarik pada fitur rinci dari Program Aplikasi ini dapat membaca Bagian Sistem Feature, yang menjelaskan luas mengenai informasi yang tercantum dalam gambaran umum. Bagian External Interface Requirement menawarkan detail teknis yang lebih dalam, termasuk informasi mengenai antarmuka termasuk hardware dan platform software tempat aplikasi akan berjalan. 

1.4  Project Scope 

Software ini adalah software untuk kasir dari Warung makan yang dapat melakukan perhitungan terhadap transaksi yang terjadi, menghitung ketersediaan stok termasuk manajemen stok bahan makanan. Sistem  ini di desain untuk memaksimalkan perhitungan pemasukan yang diperoleh dari transaksi yang terjadi dengan menyediakan alat untuk membantu untuk melakukan proses perhitungan secara otomatis, yaitu tanpa alat yang dilakukan secara manual. Memaksimalkan perhitungan transaksi dapat sangat membantu pemilik Warung Makan sementara Sistem ini dapat mudah di mengerti dan digunakan. Sistem ini di desain agar mudah user untuk melacak setiap transaksi yang terjadi sehingga kerugian dapat dikurangi. Selain itu juga, Sistem ini menyediakan perhitungan terhadap stok barang, alat, dan bahan sehingga menyediakan antisipasi dini terhadap stok yang hampir habis. Software ini akan sangat membantu sehingga harga barang ditawarkan kepada pembeli relatif murah namun dapat tetap menguntungan untuk Warung Makan.  

Software Program Aplikasi Kasir Indomei akan dikembangkan dengan menambah fitur yang dibutuhkan oleh User seperti menghitung keuntungan dan kerugian, menghitung jenis barang yang banyak disukai oleh pelanggan Warung Makan. 

1.5.  References  

Bahan referensi yang digunakan dalam penyelesaian dokumen ini diambil dari beberapa buku seperti :  

a. Software Engineering: A Practitioner's Approach, 7th International edition, Roger Pressman, 2009.  

b. IEEE. IEEE Std 830-1998 IEEE Recommended Practice for Software Requirements Specifications. IEEE Computer Society, 1998.  

c. https://pdfcoffee.com/software-requirement-specification-4-pdf-free.html 

2. Overall Description 

2.1 Product Perspective 

Dokumen ini berisi deskripsi spesifikasi persyaratan perangkat lunak  dari sistem yang akan dibuat. Sistem Informasi Kasir merupakan perangkat yang digunakan untuk mempermudah proses perhitungan dan pembayaran biaya yang harus dibayar pelanggan. Dengan adanya sistem ini diharapkan akan membantu dan memberikan kemudahan dalam pengolahan data dan perhitungan pembayaran. Namun tidak hanya itu saja, perangkat lunak memiliki fungsi untuk mengatur harga menu yang tersedia. Rancangan perangkat lunak juga dapat mengamati stok ketersediaan bahan yang sudah ada. Sehingga pengguna tidak akan kewalahan ketika stok Bahan mulai menipis. 

Berikut adalah gambaran use case secara umum : 

 

Disini dapat dilihat dari gambaran user case di atas, hanya terdapat 2 peran aktif, yaitu user/pengguna dimana ia adalah seorang yang nantinya mengoperasikan aplikasi dan pelanggan sebagai objek yang dikenai pengoperasian sistem 

2.2 Product Feature 

Pada perancangan ini terdapat beberapa fitur yang dilibatkan di dalamnya untuk membuat aplikasi dan mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh human error. Kategori menurut kepentingan dibagi menjadi dua bagian yaitu core feature dan additional feature. Core Feature adalah bagian utama dari rancangan aplikasi yaitu menghitung besarnya yaitu yang harus dibayar oleh pelanggan dan mencetaknya dan additional feature adalah tambahannya dari bagian utama dari rancangan aplikasi yang tentunya tidak terlepas jauh dari bagian utamanya yaitu core feature. Berikut ini penjelasnya dapat dilihat dibawah ini : 

2.2.1 Core Feature 

- Login Form : 

  • Tampilan Selamat datang 
  • Membatasi hak akses pengguna supaya tidak terjadi pencurian data 
  • Pengguna bertanggung jawab dengan riwayat transaksi masing – masing. 

-  Perhitungan Pembayaran 

  • Menampilkan list menu dengan checkbox untuk memudahkan penginputan
  • Tampilan sederhana dan menarik untuk memperjelas aplikasi 
  • Perhitungan dan hasil yang jelas 
  • Mengirim hasil perhitungan ke database 

2.2.2 Additional Feature 

 -  Riwayat Transaksi 

  • Mengakses Database
  • Menampilkan riwayat keseluruhan transaksi dalam sehari 
  • Menampilkan nama user yang bersangkutan dengan riwayat transaksi tersebut 

- Stok Bahan

  • Mengupdate secara otomatis jumlah stok barang  
  • Menampilkan jumlah barang 

2.3 User Classes and Characteristic 

 Pengguna : Kasir 

 Karakteristik : 

  • Pengguna dapat melakukan operasi matematika agar dapat membandingkan hasil perhitungan pada aplikasi dan hasil perhitungannya.
  • Harus memahami kondisi barang di stok penyimpanan. 
  • Familiar dengan computer 

2.4 Operating Environtment  

Aplikasi yang digunakan berbasis PC Desktop yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows (XP, 7, 8 dll) karena berekstensi (exe). Tidak terdapat batasan mengenai spesifikasi pc desktop yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan aplikasi ini dikarenakan aplikasi cukup ringan dari segi RAM. Dibutuhkan aplikasi untuk mengolah database stok bahan dan juga Harddisk yang tersedia harus berkapasitas besar untuk menyimpan data transaksi secara keseluruhan. 

2.5  Design and Implementation Constrait 

Aplikasi perangkat lunak ini adalah tampilan yang dibuat sesederhana mungkin namun tidak melupakan esensi yang tidak dipandang, dikarenakan jangan sampai membuat yang komplit namun tidak friendly dengan user. Hal itu dapat menimbulkan ketidaknyamanan user. 

2.6 User Documentation 

Pembuatan rancangan aplikasi sendiri bertujuan untuk memudahkan user dalam hal pengguna untuk melakukan transaksi dan mengurangi human error. Namun bisa terjadi kekurang pahaman pada user bagaimana mengoperasi aplikasi ini. Untuk mengantisipasi hal ini kami membuat dokumentasi misalkan dibuat tutorial tentang bagaimana menggunakan aplikasi ini. Tutorial ini berisi : Cara menginput username dan password, menggunakan checkbox sebagai tanda bahwa barang ini masuk dalam transaksi, memasukan jumlah barang yang dibeli, memeriksa hasil transaksi dalam sehari, menginput bayaran dan menampilkan hasilnya. 

2.7 Assumptions and Dependencies 

 -  Kebergantungan pada waktu 

Untuk dapat berjalan dengan lancer semua feature harus lah mengimplementasikan dengan baik. Baik itu Core Feature dan Additional Feature haruslah dijaga dan siap di update kapan saja jika terjadi perubahan yang telah dijelaskan seperti contoh perubahan harga barang yang otomatis merubah harga jual. Hal tersebut kebergantungan waktu akan mempengaruhi bagaimana perkembangan aplikasi perangkat lunak ini  

 -  Kebergantungan Pada Pengguna 

Karena aplikasi ini semata – mata hanya akan beroperasi jika ada manusia yang mengoperasikannya. Dan kita tidak perlu akan adanya human error yang sudah semestinya terjadi, namun human error yang mampu 

diperbaiki oleh aplikasi jug masih sangat terbatas. Maka dari itu dibutuhkan pengertian pengguna dulu sebelum menjalankannya. 

3. External Interface Requirements 

3.1  User Interface 

 3.1.1 Login 


3.1.2a  Import Bahan 

Pada menu ini user dapat menginput bahan dan jumlah bahan


3.1.2b Tampilan Stok bahan 


Menu ini dapat melihat ketersediannya bahan. 


3.1.3 Tampilan Input Pembayaran 


Tampilan input ini terdiri dari menu dan pembayaran dan terdapat button perintah seperti apply untuk setujui menu yang akan dimasukan, cetak untuk mencetak pembayaran ke struk, reset untuk mengosongkan seluruh pembayaran dan uncheck semua menu. 

  

3.1.5 Tampilan History  



 

3.2  Hardware Interface  

Program Aplikasi Kasir Indomei adalah aplikasi yang bekerja pada perangkat komputer atau laptop yang bekerja pada sistem operasi Windows, layaknya aplikasi pada umumnya aplikasi ini berbrntuk file executable yang beformat .exe yang dapat langsung di instalkan pada pernagkat komputer atau laptop
 

3.3 Software Interfaces  

Software ini dikembangkan diatas pemrograman Visual basic. 1.1.1  

3.3.1 Item Input dan Output
  • Input pada aplikasi ini adalah Bahan untuk stock bahan, dan menumenu yang akan di pesan pada menu Input pembayaran. 
  • Output pada aplikasi ini berupa nota semua list pembayaran. 

3.4 Communication Interface  

Program Aplikasi Kasir Indomei adalah aplikasi Stand Alone yang tidak menggunakan jaringan untuk menjalankannya jadi aplikasi ini dapat dijalankan di semua komputer atau laptop tanpa menyambungkannya dengan jaringan internet.
 

4.  System Features 

Pada perancangan aplikasi kali ini terdapat beberapa feature yang kami libatkan di dalamnya untuk membuat aplikasi in multifungsi dan mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh manusia atau human error. Bila dibagi dalam kategori menurut kepentingan atau yang paling diutamakan kami membagi nya menjadi dua bagian yaitu core feature dan additional feature. Dimana Core Feature adalah bagian utama dari rancangan aplikasi yaitu menghitung besarnya biaya yang harus dibayar oleh pelanggan dan mencetaknya dan additional feature adalah tambahan dari bagian utama dari rancangan aplikasi yang tentunya tidak terlepas jauh dari Core Feature. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat sperti berikut. 

Core Features 

4.1  User Registration And Login Form 

Ketika aplikasi diinstal dan dijalankan untuk pertama kalinya, pengguna disajikan dengan pendaftaran / welcome screen awal untuk pegawai kasir. Layar ini akan meminta pengguna untuk membuat account di database agar dapat di ketahui disistem bahwa siapa yang melakukan sebuah transaksi. Pengguna juga memasukkan "Display Name", yang akan menjadi nama yang akan ditampilkan sebagai pegangan mereka dalam Tanggung jawab transaksi 

 4.1.1. Stimulus /Response Sequences 

  • Langkah 1 : Orang yang akan menjalankan aplikasi memasukkan username dan password yang telah terlebih dahulu di set agar tingkat keamanan data dapat dijaga. 
  • Langkah 2 : Setelah memasukkan username dan password maka dilakukan pencocokan data inputan dengan database yang ada. 
  • Langkah 3 : Jika berhasil maka masuk ke feature perhitungan pembayaran. 
  • Langkah 4 : Jika gagal maka akan kembali ke login forum.

4.2 User-to-Member Transactions  

Fitur ini merupakan transaksi antara pengguna dan pembeli. Skenario umum akan melibatkan pengguna dan pembeli melakukan sebuah transaksi, Perubahan yang mengakibatkan saldo pemasukan dan pengeluaran dihitung secara otomatis dan ditampilkan untuk pengguna yang terlibat. 

 4.2.1 Stimulus/Response Sequences 

  • Langkah 1 :  Pengguna melakukan Transaksi dengan pelanggan dan memasukan data sebagai berikut: Transaksi Keterangan (opsional) Jumlah yang harus dibayar (untuk setiap pembelian) 
  • Langkah 2 : Pengguna menegaskan transaksi 
  • Langkah 3 : Setiap transaksi pelanggan disesuaikan secara otomatis 
  • Langkah 4 : Informasi ini dikirim database untuk disimpan sebagai bukti transaksi. 

4.3 Transactions 

Fitur ini merupakan perhitungan dan pencatatan transaksi yang di lakukan oleh pengguna untuk pelanggan. Dimana akan mencatat apa yang di beli oleh pelanggan dan jumlah yang harus di bayar.  

 4.3.1 Stimulus/Response Sequences 

  • Langkah 1 : User memasukkan jenis makanan dan banyaknya yang dipesan. 
  • Langkah 2 : User memasukkan jenis minuman dan banyaknya yang dipesan. 
  • Langkah 3 : User memasukkan jenis barang lain yang dibeli oleh pelanggan (misalnya rokok) dan banyaknya. 
  • Langkah 4 : Jika terdapat kesalahan penginputan maka user dapat menggunakan fungsi reset dan memasukkan kembali pesanan yang telah di-reset. 
  • Langkah 5  Jika list yang dimasukkan sudah benar maka user tinggal menekan tombol fungsi untuk menghitung total biaya yang harus dibayar. 
  • Langkah 6 : User memasukkan banyaknya uang yang diterima dari pelanggan. 
  • Langkah 7 : Total pembayaran akan ditampilkan beserta dengan kembalian 

4.4 Group History  

Layar ini memberikan pandangan dari seluruh transaksi dan tagihan yang terjadi dalam suatu traksaksi pembelian. Daftar ini akan disajikan secara kronologis secara default, tetapi juga dapat diurutkan berdasarkan pembayar, jumlah, dll akan menampilkan nama-nama pelanggan yang terlibat dalam setiap transaksi, nama pengguna ,dan jumlah yang dibayar / diterima, dan pengguna(pegawai kasir) memiliki pilihan untuk melihat masing-masing Item secara lebih rinci dengan memilih. Pandangan rinci 

akan menampilkan semua pelanggan yang terlibat dalam transaksi pembelian. itu, dan informasi tambahan yang disertakan ketika diciptakan (Lokasi, Type, dll). 

 4.4.1 Stimulus/Response Sequences 

  • Langkah 1  Pengguna disajikan dengan daftar semua transaksi / tagihan diposting ke grup saat ini Pengguna dapat mengurutkan item berdasarkan tanggal, jumlah, pembayar, dll  
  • Langkah 2  Pengguna dapat memilih salah satu dari transaksi / tagihan untuk melihat detil Setelah seleksi, dialog disajikan dengan rincian. 

5. Other Nonfunctional Requirment 

5.1 Performance Requirment 

Kinerja seharusnya tidak menjadi masalah dikarenakan software yang dibuat hanya membutuhkan kinerja yang sedikit dari sebuah komputer ataupun laptop. Pergantian layar akan sangat cepat, dan perhitungan menu makanan hanya akan memerlukan komputasi yang sangat ringan dan akan cepat. Algoritma yang digunakan sangat efisien dan hanya membutuhkan waktu sepersekian detik untuk melakukan aksi perhitungan.  

5.2  Safety requirement  

Aplikasi ini sangatlah aman dikarenakan untuk membuka penginputan data pembelian dan juga riwayat data perbelanjaan diperlukan username dan juga password, yang hanya diketahui oleh masing-masing petugas kasir. Keselamatan dan keamanan data juga dimaksimalkan dengan adanya database yang digunakan pada aplikasi ini, sehingga petugas kasir tidak perlu takut data-datanya akan hilang karena database disimpan pada komputer petugas kasir. Satu-satunya hal yang dapat dilihat semua orang adalah stok barang yang ada pada gudang.   

5.3  Security requirements  

Aplikasi ini mengasumsikan bahwa hanya pengguna atau siapa pun yang memiliki username dan password yang bisa masuk ke dalam sistem. Dengan itu dikatakan, hanya username dan password diperlukan untuk memverifikasi identitas pengguna saat membuka aplikasi. Setiap transaksi yang ada harus disahkan dan dikonfirmasi oleh petugas kasir sebelum difinalisasi agar data pembelian dapat di cek kembali dan dapat dikonfirmasi.  

5.4  Software Quality Attributes  

Grafis antarmuka pengguna dariaplikasi ini harus dirancang dengan kegunaan dan kemudahan sebagai prioritas pertama. Aplikasi ini akan disajikan dan diatur dalam cara yang menarik secara visual dan mudah bagi pengguna untuk menavigasi. Tataletak tombol dalam aplikasi yang sangat 

memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya. Akan ada masukan dan isyarat visual seperti pemberitahuan dan informasi instruksi-instruksi yang memudahkan pengguna. Petugas kasir juga memiliki hak akses untuk menambah daftar stok barang dan juga menu baru dalam aplikasi ini untuk fleksibilitas dan evolusi software kedepannya. Dengan aplikasi ini, pemilik rumah makan akan sangat dimudahkan dalam hal perhitungan keuntungan yang ada dalam riwayat penjualan. Secara keseluruhan, aplikasi ini baik dalam hal kemudahan penggunaan dan kemudahan belajar pengguna. Aplikasi ini mengefisienkan waktu perhitungan yang biasanya mengambil waktu yang lama dalam inventaris stok barang dan juga hasil penjualan menu makanan.  

 6.  Other Requirements  

Database untuk Program Aplikasi Kasir Mawar berfungsi untuk menyimpan informasi dari pengguna, transaksi, pembayaran, serta hubungan yang akan terlibat dalam proses jual/beli barang. Database yang digunakan yaitu Microssoft Acces. Berikut ini merupakan contoh informasi yang dapat disimpan dalam Database :  

  • Admin : ID, Password, Nama, Alamat.  
  • Pelanggan : barang pembelian, Nomer transaksi, jumlah pembelian  
  • Transaksi : ID admin, Tanggal, Waktu, Jumlah, Harga total  

Proses yang dilakukan dalam database adalah mencatat semua hasil penjualan yang dimana catatan ini akan dijadikan sebagai data bahwa stok barang masih tersedia atau tidak. Sehingga produsen tidak kekurangan bahan nantinya.

Appendix A : Glossary 

Login  

Login dalam Program Aplikasi Kasir Mawar adalah ijin masuk untuk petugas/pelayan yang sedang bertugas, sehingga admin yang bertugas pada saat itu akan bertanggung jawab atas semua hal yang menyangkut dengan pembayaran. ini diperlukan agar pengguna lain yang tidak berhak tidak dapat mengakses hal-hal dalam system pembayaran.   User  User biasa juga disebut dengan pengguna. User dalam hal ini terbagi atas dua yaitu : Admin dan pelanggan.  
 

Admin 

Admin dalam Program Aplikasi Kasir Mawar adalah orang yang menjadi petugas/pelayanan dalam melakukan transaksi pembayaran.  
 

Password 

Password adalah kata sandi yang dimiliki oleh setiap admin, dan kata sandi ini berbeda dari setiap adminnya.  
 

Transaction Number 

Nomer Transaksi berfungsi untuk mencatat berapa banyak pembelian yang telah terjadi.   

Reset 

Hal ini berfungsi untuk menghapus semua kejadian penjualan yang telah dibayar oleh pelanggan.  
 

User Interface (UI)  

UI adalah sebuah tampilan utama yang berhubungan langsung dengan pengguna. Antarmuka pengguna harus mudah dipahami, efisien, dan menyenangkan untuk digunakan oleh pengguna.  
  

Hardware 

Perangkat keras yang secara fisik dapat dilihat dan dipakai oleh pengguna.  
 

Software 

Perangkat lunak yang bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer.

Appendix B : Anaylisis Model 

Use Case Diagram 



Sequence Diagram


Activity  Diagram 

 


 

 Class Diagram 

Appendix C : Issue List 

Dalam pembuatan Program Aplikasi Kasir Mawar ini masih ada yang harus diselesaikan antara lain :  
  • Penghitungan untung rugi dari penjualan.  
  • Perbaikan password bagi admin yang melupakan passwordnya. - Pemeliharaan system.  

Posting Komentar

0 Komentar